Wednesday, July 21, 2010

Social Networking and Technology

Blackberry, iPhone, Android, you name it. Technology bener2 udah menjadi sarana yang mampu menjadikan lingkupan kehidupan sosial kita sebagai manusia mudah untuk diakses. Woops! Halo Blog, long time no see. Gila, udah lama banget gw ga ngeblog. Kali ini gw pengen nulis dengan Bahasa Indonesia nih. Masa orang Indo ngeblog pake bahasa asing mulu? Ga cinta tanah air kali ya? Ga..ga.. Gw masih setia kok dengan tanah air Indonesia yang tercinta. Pada kesempatan kali ini, gw pengen banget nih ngebahas tentang social networking, technology, dan kehidupan sosial gw yang terpengaruh karenanya. Tapi terlebih dahulu, gw mohon maaf yah kalau Bahasa Indo gw rada hancur soalnya udah lama banget ga pernah ngarang dalam Bahasa Indonesia. Padahal dulu di SMA gw jago loh dalam berkata-kata. Hahaha! Daripada basa-basi sana sini, mendingan langsung to the point aja yah.

Kalian2 tentunya pada tau donk apa itu Facebook, Twitter, Friendster, Myspace dsb. Awas loh kalo blg ga tau, gw tabok jg lu, ketrok amat sih jadi orang. Ga..ga..bercanda kok! Yah, jadi begitulah. Social networking sites seperti yang gw contohin di atas bisa dikatakan adalah suatu penemuan berharga yang pernah diciptakan oleh para computer genius. Banyak dampak positif and keuntungan yang kita dapat dari social networking. Kita bisa dekat dengan teman2 lama kita yang menyebar luas di segala penjuru dunia (apalagi bagi anda2 yang pernah sekolah di luar negeri atau lagi sekolah di luar negeri). Selain itu, kita juga bisa tahu apa yang terjadi dengan teman2 dan keluarga kita(tentunya yang ada account nya di social networking site(s)) dalam hitungan beberapa milliseconds dari moment dimana mereka baru saja mengupdate statusnya.

Rasa ingin tahu dengan kejadian yang terjadi di sekitar kita, terutama dengan kehidupan dan interaksi sosial kita adalah hal yang, well, relatif wajar sebagai manusia (karena itulah manusia berbeda dengan binatang). Tapi yang gw rasakan setelah bertahun2 punya accounts di top social networking sites, seperti Facebook dan Twitter, sangatlah berbeda. Apalagi akhir2 ini semenjak kemajuan technology yang memberikan fasilitas kemudahan bagi kita2 smua yang pada "demam facebook dan twitter". Blackberry dan iPhone adalah 2 contoh pasti akan hal ini. Just a click or two, and there you go, you know almost anything that are happening around you and your friend circle.

Hal ini tentu saja membawa dampak negatif. Seperti yang gw katakan tadi kehidupan sosial gw jadi rada terganggu. Pasalnya, kalau gw ketemu dengan temen2, udh ga banyak lagi yang bisa dibicarakan dan dipertanyakan. Mereka dan gw udah pada tau apa aja yang terjadi belakangan ini.

I'm not saying that I don't like facebook and twitter. I do like those two social networking sites. I just miss those old days where everytime my old friends I haven't seen in months or years, and say, "Hi dude! What's up? How's your life so far, have you this, have you that, bla..bla..bla.." Sekarang, gw udah jarang banget update status on facebook. Temen2 juga udh pada jarang nanya2 ttg apa yang terjadi dengan gw. Dan, akhirnya, gw sekarang jadi orang yang ANSOS (anti social) banget karena emang ga ada yg peduli dan gw jg udah tau apa yang terjadi dengan mereka. So, what's the point of interacting with people.

Okay dah, ntar kita sambung lagi deh. Capek nih, just had two bottles of budweiser. I'm going to chill the ef down now.

I'll talk to you guys soon, kay? Hope you guys have a terrific weekend ahead. And remember, be safe and eat fruits.

Fred

0 comments: